Sunday, November 11, 2007

Sup Ayam Jagung

Ini juga AZka n abiazka doyan banget!

Bahan:
200 gr daging ayam cincang
1 buah jagung manis, dipipil.
1 buah wortel.
1 buah telur ayam.
brokoli, buang batangnya.
1 sdm mentega.
1 sdm tepung maizena/jagung.

Bumbu:
2 siung bawang putih, diiris halus.
1/2 siung bawang bombay, dicacah halus.
1/2 sdt merica bubuk.
pala.
garam, secukupnya.
gula, secukupnya.


Cara:
  • Didihkan air, masukkan daging ayam cincang, tunggu hingga mendidih.
  • Tumis bumbu bawang putih,bawang bombay dan pala dengan mentega sampai harum.
  • Masukkan tumisan bumbu ke kuah sup, diikuti merica.
  • Masukkan wortel, jagung,brokoli, rebus sampai empuk.
  • Masukkan telur, aduk cepat, biar tidak ada yang menggumpal.
  • Masukkan campuran sedikit air dgn tepung maizena, aduk cepat
  • Angkat setelah mendidih.
  • Siap disantap seluruh keluarga.

Udang Tempura


Ini favorit Azka, Bunda dan Abi nihh...Dah kek yang di restoran Jepang gitu kan penampakannya..hihihi...

Tertarik pengen nyoba bikin, suer.....gampang banget.....Alternatip makanan buat si kecil juga..

Bahan:
10 ekor udang gede, dikupas kulitnya, sisain bagian ekor*buat cantik2* hehehe.
1 butir telur
Tepung terigu, secukupnya
Tepung roti( bread crumb), secukupnya

Bumbu perendam:
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1/2 biji jeruk nipis
1/2 sdt garam

Cara:
  • Cuci bersih udang, kemudian potong bagian tengah2 udang*di bagian sudut yang melengkung* agar udang jadi lurus, tidak bengkok lagi* hati2 jangan terlalu banyak, nanti udangnya terbelah*.
  • Rendam udang dengan bahan perendam, diamkan selama 15 menit.
  • Aduk tepung terigu yang telah diberi ai sedikit, di balurkan ke tubuh udang.
  • Pecahkan telur, kocok, cemplungkan udang yg sudah terbalur tepung terigu ke dalam kocokan telur.
  • Terakhir, balurkan udang ke tepung roti.
  • Siap di goreng, siapkan minyak panas dan wajan utk menggoreng.
  • Angkat jika sudah kecoklatan.
  • Sajikan dengan cocolan saos tomat dan sambal botolan.
Yummmmmiiiiii...................

Saturday, May 26, 2007

bitterballen roti tawar

Cemilan ini enak banget dan juga bergizi. Bikinnya juga mudah banget. Rasanya gurih ama manis dikit. Nyam......cobain dehh...

Sumber: dapurbunda
Bahan :
10 lb roti tawar
300 cc susu cair
150 gr daging cincang (kalau tak ada daging sapi, daging ayam boleh juga)
1/2 siung bawang bombay , cincang halus
3 siung bawang putih cincang halus
3 sdm margarin
garam secukupnya
merica secukupnya
pala secukupnya
gula pasir sedikit
tepung panir
telur, kocok lepas
minyak goreng

Cara membuat:
1. Rendam roti tawar dalam susu cair (hingga hancur).
2. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay dan bawang putih., Tumis
sampai harum.
3. Masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna, tambahkan garam,
merica, pala dan sedikit gula pasir.
4. Masukkan adonan roti yang sudah direndam tadi. Masak lagi sampai betul2
matang .
5. Pulungi adonan, bentuk bulatan.
masukkan dalam kocokan telur, gulirkan di tepung panir, terus goreng
sampai kekuning2an.

cumi asam manis

Pertama kali nih bundazka masak cumi. Soalnya abiazka ga doyan cumi *dulunya*, makanya ga pernah dimasakin. Tapi kemudian, bundazka kepengen banget ah beli cumi walo cuma sebiji yang ukuran gede, maka pilihan bunda adalah cumi asam manis ini. Resepnya bunda nyontek dari dapurnya tie .
*hehhe, langganan nih tie......*.
Hasilnya, abiazka doyan banget, n bilang gini.."hmm, kayaknya abi mule suka ama cumi deh..." hehhehe.

Bahan:
400 gr cumi
1 buah bawang bombay iris kasar
4 buah cabe hijau buang biji potong kotak
4 buah cabe merah buang biji potong kotak
1 buah serai
2 cm lengkuas
5 sdm saus tomat
1 sdm tepung maizena larutkan dng sedikit air
garam dan gula dan merica secukupnya
Bumbu halus
4 buah cabe merah
2 buah bawang putih
3 buah bawang merah kecil

Caranya :
Cuci cumi sampe bersih buang semua hitam dikulitnya.
Potong2 sesuai selera dan rendam dengan air jeruk dan garam -/+ 15 menit dan cuci lagi.
Tumis bawang bombay dan bumbu halus,serai,lengkuas.
Masukkan cumi + saus tomat setelah cumi matang masukan cabe merah dan cabe hijau biarkan sedikit layu Masukan larutan maizena.
Jangan lupa memberi garam dan gula dan merica.
Setelah kuah mengental angkat dan siap dihidangkan.

Wednesday, May 23, 2007

Risoles kentang

Horayyyyyyy...akhirnya bunda bisa bikin risoles sendiri..seneng dehhh....berbekal resep dari tie
dan langsung ceting via ym, jadi deh tuh risoles walo menurut bunda agak ribet bikinnya karena bunda tuh kesusahan ngadon adonannya supaya kalis, hiks.....yang ada pada nempel ditangan deh..:(.

Itu juga gara-gara bunda kentangnya direbus, yang kudunya di kukus ato ga digoreng dulu, karena ga mo lama nunggu dikukus, eh malah jadi lama pas bikin adonannya:(.

Tapi alhmdlh, dengan penuh kesabaran, jadi juga deh risoles....panas-panas, langsung bunda n azka santap. Senengnya, azka doyan!

Mau bikin jugaa...?
Bahan :

350 gr kentang
susu cair secukupnya
100 gr terigu
2 sdm mentega
Garam dan merica secukupnya

isi:
250 gr ayam cingcang
1 buah wortel, iris kecil
5 siung bawang merah,
2 siung bawang putih,
garam dan merica secukupnya
1 sdm maizena(larutkan)
tepung panir/breadcrumbs secukupnya
putih telur secukupnya, kocok

Cara Membuat :

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi.
Masukan ayam, wortel, garam, merica bubuk, aduk rata dan masak hingga matang.
Tambah larutan maizena sampe kental, aduk rata, angkat dan sisihkan.
Campur kentang yg sudah dikukus dan dihaluskan, susu cair,terigu, mentega, merica dan garam hingga kalis(adonan tidak melekat ditangan).
Ambil kentang beri isi lalu bentuk lonjong(oval).
Celupkan dalam kocokan putih telur , angkat dan gulingkan pada tepung panir.
Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.
Sajikan hangat-hangat.

Tongseng Daging Chicago


INi resep dari mbah Amien nya azka. Dulu pas awal-awal nikah, bundazka malah sempet diajarin masak tongseng ini ama mbah amiennya azka...hehhe, kebayang kan, malu banget, saat itu bundazka yang bener2 ga ngerti apa2 tentang masak. JAdi bundazka cuma ngeliat mbah amien berlaga dengan wajan dan bumbu2 bikin nih tongseng:).

Tongseng ini dinamain mbah Amien "tongseng Chicago" karena dulu pas mbah Amien kuliah di sana, ini masakan favorit mbah amien, dan ternyata karena harus mandiri, mbah amien jadi jago masak....*nah loh, masak bunda malah ga bisa...?* hehehhe....

Rasanya juga seger banget, apalagi kalo makannya sambil nyeprus cabe rawit ijo,,...hmmm...segerrrrrr!

BIkin yukkk...
Bahan:
Daging
Ati
Kubis
Tomat

Bumbu:
Bawang merah
bawang putih
merica
garam secukupnya
gula secukupnya
kecap

Cara membuat:
1. tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan garam, merica, dan gula.
2. Masukkan daging, tambahkan air. Masak hingga empuk.
3. Mendekati empuk, masukkan ati.
4.Setelah empuk, cemplungin kubis, aduk rata. Tambahkan kecap manis.
4. Angkat dan sajikan.

Sunday, May 20, 2007

Bubur Sumsum

Siang-siang, rasanya lemes banget. Kepengen makan yang manis-manis biar semangat. Langsung deh mantengin dapurnya mommy atli, nyari bagian cemilan gitu. Waahhh, liat poto bubur sumsumnya menggoda sekali, kebayang kan makannya, lembut dan manis...

Mana cara bikinnya ternyata gwampang banget, wiiihhh.....senengnya, ga ada 15 menit dah jadi tuh bubur sumsum. Abiazka ampe kaget, "lah kok cepet banget, bunda?".

Langsung deh kita santap berdua, pas azka bobo waktu itu. Komentar abiazka, "lezaaaaaaaaaaaaaat.....!".
"Makasih yaaa bunda sayaaaaaaaaang.....", ditambahin ama cipika dari abiazka....waaah, langsung pengen nyemplung kolam renang!hehehehe.....

Bikin yuuukkk.....
Bahan:
100 gr tepung beras
1 sdt garam
650 ml santan *aku pake 1 kotak santan kara 200 ml, terus aku encerin jadi 650 ml. Gara-gara punyanya cuma itu*.
2 lembar daun pandan, potong-potong.

Saus Gula:
200 gr gula merah, sisir .
50 gr gula pasir.
250 ml air.
1 lembar daun pandan, potong-potong.

Cara:
1. Campur tepung beras dengan sebagian santan, aduk rata.
2. Masak sisa santan, pandan, dan garam hingga mendidih.
3. Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Angkat.
4. Saus Gula: masukkan semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring.
5. Hidangkan bubur dengan disiram saus gula.
50 gr gula pasir.

sumber dari dapur mommy Atli http://resepnugraha.net/resep/detail/?no=107

Ayam Goreng

Ayam goreng ini makanan favorit seisi rumah. Ga ada yang ga doyan deh, termasuk si mas Azka. Malah terakhir bundazka bikinin ini, azka makan paha ayamnya udah bisa megang sendiri, Berasa nikmat banget deh ngeliat azka berusaha gigitin tuh daging ayam...Nyam..nyam......

Bahan:
1 ekor ayam, potong-potong sesuai selera.

Bumbu:
1 sdt ketumbar bubuk.
2 biji bawang merah.
5 biji bawang putih.
2 ruas jari kunyit.
Lengkuas, digeprek.
2 lembar daun jeruk.
1 lembar daun salam.
2 ruas jari jahe.
Serai.

cara:
1.Rebus air, setelah mendidih masukkan ayam dan bumbu.
2.Semua bumbu dihaluskan, kecuali lengkuas, daun jeruk, salam dan serai.
3.Masak sampai air sat. Aduk rata.
4. Goreng ayam dengan minyak panas hingga kekuningan.
5. Sisa ayam yang belum mau digoreng bisa disimpan di kulkas.

capcay

Lagi males masak, buka kulkas yang ada sisa sayuran dan masih ada udang dikit. Ya udah, bikin capcay aja yang gampang banget, sisa cemplang cemplung, hehehe. Tapi rasanya......?hmmm, bikin nambah. Terbukti, azka aja doyan banget makan capcay buatan bundazka ini...:).

Bahan:
Sayuran: kol, wortel, brokoli, sawi ijo
lauk: udang, sosis, ati, bakso *yang ada aja*

Bumbu (dihaluskan bisa, diiris bisa):
2 siung bawang putih
1/2 biji bawang bombay
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm saus tiram

Cara:
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Masukkan bumbu yang lain.
Masukkan ati, tunggu sampai 1/2 masak, kmd udang, sosis, bakso.
Cemplungin sayur-sayurannya.
Tambahkan air sedikit.
Aduk rata.
Makannnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!:)

Nasi Goreng Utiazka


Kangen banget ama nasi goreng utiazka yang khas banget rasanya. Berbekal buku resep hasil nanya ke utiazka jadi deh bundazka bikin nasgor buat sarapan pagi. Hasilnya...? Langsung ludes disantap berdua ama abiazka.

Bahan:
3 piring nasi dingin
2 telur

Bumbu dihaluskan:
5 biji cabe merah
5 biji bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
1/2 ruas jari kencur
1 cm terasi
1 biji tomat

Cara:
1. Dadar telur dulu, diiris tipis-tipis.
2. Tumis bumbu dengan mentega
3. Masukkan nasi, aduk rata.
4.Siap saji lebih nikmat dengan emping dan timun.

Jemput-Jemput Singapore

Baca namanya unik banget yaaa? Makanya bundazka penasaran pengen bikin kek apaan sih rasanya nih cemilan. Kata tie si pemilik resep ini, jemput-jemput singapore ini makanan khas singapore untuk menyambut tamu. Sesuai dengan artinya "jemput" dalam bahasa melayu artinya "silahkan".

Silahkan diintip resepnya....

Bahan :
4 sdm teri
3 lembar roti tawar
2 butir telur
150 gr tepung self raising
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 helai daun bawang potong tipis
garam dan merica secukupnya
air secukupnya

Caranya :
blender semua bahan (kecuali bawang daun) hingga halus jangan terlalu encer.
masukkan daun bawang dan bulat2 mengunakan 2 buah sendok.
goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
angkat dan siap dihidangkan.
dimakan panas-panas dengan sambal botolan.

Friday, May 18, 2007

Udang Goreng kampung

Hehehe, dinamain udang goreng kampung karena bumbunya sederhana banget. Ga pake tepung-tepungan. Tapi rasanya enak juga, apalagi kalo mo dikasiin buat azka..azka doyan banget ngegadoin nih udang.

bahan:
10 ekor udang besar
1 jeruk nipis

bumbu dihaluskan:
2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam sedikit saja

Cara membuat:
Bersihkan udang, lumurin dengan jeruk nipis, diamkan kurleb 30 menit. Cuci bersih.
Campurkan udang dengan bumbu yang dihaluskan. Diamkan kurleb 1 jam biar meresap*kalo dah keburu laper ga usah lama2 juga gapapa* hehhehe.
Goreng dengan minyak panas hingga kekuningan.
santap!

Monday, May 7, 2007

Chicken rice


Pagi -pagi emang paling cucok nihh kalo sarapan pake chicken rice. Bikinnya juga gampang dan cepet banget.
Bumbunya cukup bawang putih ama jahe yang banyak...
mo nyobainn...?

Bahan:
Sahap ayam 4 ekor (terserah, paha bisa, dada bisa, tergantung adanya apa...)
beras utk 3 porsi
air 1,5 ltr

Bumbu:
bawang putih 5 siung
jahe 1 ruas jari *lebih byk tmbh enak*
garam
gula secukupnya

cara memasak:
didihkan air, masukkan ayam dan bumbu sampai ayam empuk.
Masak nasi menggunakan sisa air rebusan ayam.
Tambahkan daun pandan agar nasi harum.
Ayam yang sudah diungkap, digoreng sebentar dgn minyak goreng.
sajikan hangat, Kalo mau pake kuahnya, bumbunya sama bawang putih, kaldu ayam, dan jahe, sisa ditambahkan daun bawang.

perkedel tempe


Hehhee...tempe lagi..tempe lagiii..ya gitu deh nasib kalo males mo belanja..Biar seisi rumah ga bosen liat wujud si tempe, bundazka sulap deh si tempe jadi perkedel :).

Walhasil, abi dan azka makannya pada lahap pake perkedel tempe ini...

Bahan:
  • Tempe, di potong kecil-kecil, goreng, dihaluskan selagi masih panas.
  • 1 butir telor, dipisah kuning ama putihnya.
  • 2 sdm bawang goreng, dihaluskan.
  • 1 sdm bawang putih goreng, dihaluskan.
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 batang seledri, diiris halus.
  • 1 sdt garam
  • 1/3 sdt gula
  • Minyak untuk menggoreng
cara membuat:
  • Campur semua bahan kecuali putih telur dan minyak goreng.
  • Bentuk bulatan lalu dipipihkan
  • balurkan pada putih telur lalu goreng hingga kekuningan.
  • siap disantap deh.....:).

Saturday, May 5, 2007

OsengTempe


Hari ini ngubek-ngubekin kulkas nemunya sisa tempe ini. Mo belanja masih males, ya udah akhirnya bundazka bikin oseng tempe aja. Enak deh makannya pake nasi panas, nyam nyam nyam....

Bahan:
Tempe 8 biji (kecil)

Bumbu:
bawang merah 3 biji
bawang putih 3 siung
cabe rawit 3 biji
cabe hijo 3 biji
Gula merah 1 sdm
gula putih
garam
asam jawa dicairin dgn air (buang ampasnya)

Cara membuat:
bawang merah, bawang putih, cabe merah n rawit di rajang.
Goreng tempe, sampai kuning.
Tumis bumbu sampai harum, masukkan gula merah, air asam jawa, garam.
Masukkan tempe, aduk rata. Tambahkan kecap manis sedikit.
angkat dan sajikan.

Thursday, May 3, 2007

Paha panggang ketumbar dan madu

Hmmm.......kalo masak ayam panggang ini, asli niat bener...gimana enggak, semalem, padahal kan bunda udah dinner, tapi kira-kira jam 9an malem gitu perut dah laper lagiiii....*hmm, mgkn karena keseringan nge BW ke dapur-dapur tetangga yang masakan-masakannya pada aduhai-aduhai kali yaaa*, jadi perut nih bunyi mulu.

Ya udah deh, nengok kulkas, yang ada cuma ayam...Yo wes, berbekal hasil huntingan ke dapurnya mb lia
bunda kerjain deh tuh si ayam dilumur-lumurin ama ketumbar n madu..dibiarin kira2 sejaman lebih sambil nunggu abiazka pulang diskusi ama tmn2nya.

Untung deh bunda masak, pulang-pulang abiazka kelaperan....langsung nagih dibikinin mie instan, tapi bunda tawarin ama si ayam panggang ini, wajahnya abiazka langsung berbinar-binar, ceilehhh.......
"mauuuuuuu..." gitu jawabnya.
Widiiiw, alhmdlh, senengnya bisa masakin buat swamiii...:)
Langsung deh disantap tuh paha panggang 3 biji lewat, bunda juga sama, 3 biji abis!:)
Nyam nyam nyam.....

mo nengok resepnya? nih dijamin mudahhh..
Bahan:
500 gr sayap ayam, bersihkan & buang ujungnya yang kecil (kalo aku pake paha ayam)
Perendam, aduk jadi satu:
1.5 sdt ketumbar bubuk
1 sdm air jeruk
2 siung bawang putih parut
2 sdm madu
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm saus cabe
2 sdm kecap asin
3 sdm minyak sayur
Air jeruk limau secukupnya

Cara:
Aduk sayap ayam bersama bumbu perendam, biarkan di kulkas minimal 2 jam sambil sesekali diaduk biar bumbunya rata. Kalo mo nginep smaleman juga bole.(kalo aku cuma sejaman doang,,hiihii..maklum dah laper)
Susun bersama bumbu perendamnya di pinggan tahan panas ato pan teflon juga bole, oven 45 menit ato sampe mateng sambil sesekali dibalik untuk meratakan bumbu dan warnanya.
Perciki air jeruk limau, sajikan segera.
Note:
Kalo pengen minyaknya tiris, taro rak kawat kecil dalam pinggan/loyang, susun sayap diatas rak kawat, baru dioven

chocolate chip cookies

Udah lama banget kepengen bikin nih kukis, tapi belum kesampean terus. Nah akhirnya tadi pagi, bangun tidur, mumpung abiazka masih di rumah belum ngampus, akhirnya bun niatan bikin cocochip kukis ini.

Bun cuma pgn nyoba dulu, jadi pake 1/2 resep aja, ga susah ternyata bikinnya. Maen cemplung cemplungin aja, aduk-aduk, udah deh di oven cuma 10 menit.

Resepnya bun dapet dari blognya kuehruri.
Sebenarnya pengennya nyobain resepnya mb imel,
tapi apadaya, resep hasil cetingan di YM lupa ke save, keburu leptopnya kepencet off ama si azka,hehehe.... ntar deh nanya lagi yaa mb imel *jgn bosen kasi resepnya*.:)

Abiazka kasi komentar, "busyet dah bunda, pagi2 semangat amat sih bikin kue....?".

Ternyata, alhamdulillah jadi, tapi dengan bentuk yg alakadarnya, tapi rasanya ga mengecewakan. Azka langsung deh jadi testernya bunda...."kukuk...kukuk.." gitu azka bilangnya, soalnya dikirain kerupuk karena pas ngegigit nih kukis bunyinya juga kriuk kriuk kayak krupuk.:)

Nih dia resepnya:
Bahan :
1/4 cup Mentega
1/2 cup Brown Sugar
1/2 cup Gula Castor
1 btr Telur
1/2 sdt Vanilla Extract
1 cup + 2 sdm Tepung Terigu
1/2 sdt Garam (kalo pake Mentega yang salted, gak usah lagi)
1/2 sdt Soda Kue
1/2 cup Aneka Kacang, sangrai ato panggang sebentar, cincang kasar
1/2 cup Chocolate chips
1/2 cup Kismis

Caranya :

* Nyalakan oven 180°C
* Kocok mentega sampai lembut, masukkan brown sugar dan gula castor, kocok sampai rata
* Masukkan telur dan vanilla extract, kocok rata
* Masukkan ayakan terigu, garam dan soda kue, aduk perlahan dengan spatula sampai rata
* Masukkan aneka kacang, chocolate chips dan kismis, aduk rata
* Dengan bantuan 2 sendok, bentuk bulatan-bulatan adonan di atas loyang yang sudah dioles mentega atau dialasi kertas minyak, beri jarak antara adonan.
* Panggang selama 10 menit

Wednesday, May 2, 2007

Ikan tenggiri saus Jahe

Wah kalo makan ikan pake sos jahe ini, dijamin nambah deh nasinya...hehe...Lebih mantep lagi kalo ikannya ikan gurameh..Tapi pada dasarnya semua ikan enak kok dibumbuin kek gini.

Bahan:
500 gr ikan tenggiri
3siung bawang putih, haluskan.
1/2 sdt garam
1 sdt kecap ikan.
2 sdm air jeruk nipis.
4 sdm maizena.

Saus Jahe:
3 siung bawang putih, iris halus.
1/2 buah bawang bombay, potong bulet.
2 buah cabe merah, iris serong tipis.
1 btg daun bawang, iris 1 cm.
2 cm jahe, iris halus.
5 sdm saos tomat.
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air 2 sdm.
Garam.
Merica.
Gula.
2 sdm cuka (kalo punya).

Cara membuat:
1. IKan dilumurin dengan bawang putih, garam, kecap ikan, jeruk nipis. Biarkan kurleb 1 jam.
2. tiriskan, dan gulingkan pada tepung maizena, goreng dengan minyak banyak panas hingga kering.
3. Taro di piring saji.

Saos:
1. tumis bawang putih sampai harum.
2. masukkan sisa bahan yang lain, lalu aduk sampai matang.
3. Masukkan larutan maizena, aduk sebentar lalu angkat.
4. Tuangkan ke atas ikan goreng pas saat akan dihidangkan.

Tuesday, May 1, 2007

pukis


Bangun pagi hari ini, rasanya laper. Nanya ama abi, "abi, abi mau dibuatin apa..?"
"Coklat cookies mauuuuuu? ",tawar bunda..
"apaan..? pukissss...? mauuuuu....", jawab abi yang salah denger.
"ohh...abi mau pukis.....? boleh, bunda buatin sekarag yaaa biiii.....", sigap bunda.

Cieee..bukannya mo gaya, untungnya sebelumnya bunda emang dah pernah kuking klas bikin pukis ini. Makanya karena tau bikin pukis ini mudah, bunda sanggupin deh tuh rikues dari abiazka.

Berkutat di dapur bentar, azka maenan ama abiazka, ga lama kemudian jadi dehhh....
Langsung deh kita bertiga nyantap bareng si pukis ini...nyam..nyam.....enyak...enyak.....hihi,walopun bunda ga punya cetakan pukisnya, tapi cetakan muffin juga ga mengurangi rasa enak kue pukis ini....
Pukis...pukis...hmm, serasa di jogja dehhh...

Cobain dehhh..ini resepnya bundazka nyomot dari blognya mba ellen.
Makasiihh yaa mba ellen atas sharing resepnya :).


Bahan :
Untuk biang :
3 sdm tepung terigu
1 sdt ragi instan
1/2 sdt baking powder
2 sdm gula pair
5 sdm air

Adonan :
2 butir telur
50 gram gula pasir
125 gram tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
75 ml santan kental matang
75 ml air kelapa
30 gram margarin,lelehkan

Isian :
keju, coklat meises,kismis,sesuai selera

Cara Membuat :
1. Biang : campur semua bahan,aduk rata,istirahatkan selama 15 menit
2. Kocok telur bersama gula hingga mengembang, masukkan tepung terigu,garam,baking powder dan vanili bubuk.Aduk rata
3. Masukkan biang,santan, susu bubuk dan air kelapa,aduk rata.Tambahkan margarin cair,aduk rata dan diamkan selama 30 menit
4. Panaskan cetakan pukis,olesi dengan minyak, tuangkan adonan ke dalam 3/4 cetakan, taruh topping di atasnya.Panggang dengan api sedang hingga matang. Sajikan.

Monday, April 30, 2007

Sus isi vla


Hihiiiiii...sumpeee....nih bundazka seneng banget deh akhirnya bisa bikin kue sus ini. Karena dari kecil mpe sekarang, kue sus ini demenannya bunda banget. Dulu utiazka suka banget bikinin buat bunda, mana utiazka kalo bikin vlanya banyak. Nah kemaren sore, niatnya mo bobo siang nemenin azka, tapi perut laper bgt pgn makan cemilan sambil buat ngeteh sore-sore, ya udah dehh..pas jalan-jalan ke dapurbunda inong (almh) nemu deh si sus ini, Baca resepnya, baru nyadar kalo trnyata bikinnya gampang banget!.

Langsung deh semangat pengen nyoba. BUnda nyobain 1/2 resep dulu. Alhamdulillah, berhasil.Walo bentuknya sihh masih kurang ok, kurang mengembang:).

Pulang-pulang kuliah, abiazka langsung disajiin teh anget ama ini sus..."Woooowwww....", gitu senyum senang abiazka ngeliat sus ini. Sekejap abis deh 4 sus langsung di lahap abiazka.

Takut keabisan, bunda juga ga kalah lahap makanin nih sus...hihiii..kalo azka, sukanya nyowelin vla-nya....*tapi azka ga gitu doyan, mungkin kemanisan bagi dia...maklum, jarang bunda kasi yg manis-manis:)*...

Cobain dehh,...beneran gampang dan rasanya enak jugaaa...

Bahan sus:
130 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gram margarine
4 butir telur
250 cc air

Bahan Vla:
500 ml susu segar (kalo bundazka pake susu formulanya azka...hehe, adanya itu).
75 gr tepung maizena
100 gr gula pasir
2 btr kuning telur
vanili secukupnya.

Cara membuat:
Sus:
air, garam, margarine dimasak sampai mendidih.
masukkan tepung terigu, aduk sampai matang.
Setelah adonan matang, kemudian dinginkan sampai hilang uap panasnya.
Kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus diaduk sampai rata.
Adonan di masukin ke dalam piping bag(plastik segitiga) lalu cetak dengan spuit bintang (kalo ga punya jg gapapa cetak aja arahnya melingkar kerucut ke atas).
Oven adonan selama 25 menit, dengan suhu 200 C, ingat oven jangan dibuka-buka yaaa....!
Setelah matang, kulit sus siap diisi dengan vla.

Vla:
semua bahan kecuali kuning telur dicampurkan menjadi 1 dan diaduk sampai rata dan halus.
Didihkan sampai setengah mengental.
Ambil 2 sdm adonan yang hampir kental itu, masukkan ke dalam kuning telur, aduk cepat.
Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan vla. aduk cepat sampai meletup-letup.
Angkat dan dinginkan.
Vla siap digunakan.
BIla vla ingin ditambahkan butter cream, tambahkan cream 2 kali dari jumlah adonan vla. Aduk sampai rata.

Saturday, April 28, 2007

Semur Ayam


Semur ayam ini bikinnya super gampang... Sisa blender bumbu, di tumis, udah deh dicemplungin ama ayamnya, tunggu ampe asat airnya.
Bisa juga diganti ama daging, ato ga telur puyuh. Masak semur ini sekeluarga bisa makan semua, azka doyan banget niihhh ama semur ayam bikinan bundazka..:).

Bahan:
1/4 kg ayam/daging/telur puyuh
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
mentega untuk menumis
kecap manis
2 gelas air

Bumbu halus:
2 siung besar bawang putih
5 siung bawang merah
1/4 biji pala
4 biji kemiri

Cara membuat:
Tumis semua bumbu halus dengan mentega sampai harum.
Masukkan ayam dan air.
Tuangkan kecap manis sesuai selera.
Masak hingga ayam empuk.
Siap disantap, lebih nikmat dengan taburan bawang goreng.

Friday, April 27, 2007

puding tahu


Hmmm....puding tahu ini kayaknya andalannya bundazka deh. Soalnya sering banget bikin puding ini, soalnya abiazka, azka dan bunda juga doyan banget. Dinamain puding tahu bukan berarti puding "tahu" beneran loh yaa. Cuma karena warnanya yang putih kek tahu, makanya namanya begitchu...

Seger banget, apalagi makannya pas siang-siang..widiiiiw...dijamin jadi adem dehhhh....
Mo nyoba? silahkan....

Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
1 kaleng susu kental manis (kecil)
1 kaleng buah koktail
1 kaleng buah leci/longan

Caranya:
1. Tuang ke dalam panci agar-agar, susu kental, dan air sebanyak 3X takaran kaleng susu kental manis *jadi abis nuangin si susu, tambahin aja air sebanyak 3 kali ukuran kaleng susu itu*.
2. Aduk aduk deh sampe mendidih.
3. Tuang ke cetakan, tunggu sampai agak keras, masukkan ke kulkas.
4. Tuang buah koktail dan leci diatas puding.
5. Santaaaaaaapppppp!:)

puding gula merah


Puding gula merah ini juga bisa buat alternatif puding di rumah. Bikinnya juga gampang banget. Makannya dingin-dingin, waaah enak nan!

Sumber: dari dapurnya ami
Bahan I:
250 gr gula merah
4 lembar daun pandan *bisa diganti ama vanili*
500 ml air

Bahan II:
800 ml air
2 bks (14gr) agar-agar putih bubuk

Bahan III:
1 pak (200ml) santan instant
1/2 st garam

Cara membuat:
1. Rebus bahan I hingga gula larut, saring.
2. Aduk rata bahan II, didihkan.
3. Tuang bahan I dan III ke bahan II, didihkan kembali.
4. Matikan api, biarkan 10 menit, baru tuang ke dalam cetakan (supaya terbentuk 2 lapis)
5. Dinginkan dalam lemari es.

Thursday, April 26, 2007

butter cake utiazka

Kue ini kue kedua yang bundazka bikin setelah kue pertama bikin muffin cheese yang keasinan itu!.Hehe, alhamdulillah, kegagalan itu emang sukses yang ketunda...kue kedua ini, kategorinya sukses lah...
Kue bolu ini*gitu sih kalo utiazka nyebutnya*, adalah cemilan paporit di rumah dulu jaman semua masih pada ngumpul. Sore=sore sambil nge-teh, utiazka pasti dah nyajiin nih kue.

Nah, karena inget kalo bikin kue ini gampang banget, langsung deh bundazka sms utiazka nanyain resepnya. Bermodalkan resep via sms, jadi deh kue kedua bundazka...Kue ini lembut banget, manisnya juga pas..enak dehhh pokoknya.....:).

Bahan:
1.telur 8 buah, taro di gelas *tandain tuh batesnya sampai mana, maklum ini kan resep praktisnya utiazka ga perlu timbangan segala!*.
2.Gula pasir, takarannya 3 cm dibawah takaran telur *ga usah bawa penggaris yee...kira2 ajah*
3.Vanili 1/4 sdt.
4.Tepung terigu, takarannya 2 cm diatas ukuran telor*hihii, lucu yaa resepnya utiazka*.
5. susu kental manis 2 sdm
6. mentega 250 gr, dicairkan dengan api kecil dan didinginkan.

Cara membuat:
  • telur+gula+vanili dimixer sampai putih mengembang.
  • masukkan terigu sedikit-sedikit, kemudian masukkan susu kental manis.
  • masukkan mentega cair.
  • Taruh adonan di loyang yang udah diolesin mentega ama taburan tepung terigu rata.
  • Oven dengan suhu 180C selama 40 menit.
  • Siap dipelototin...eh dinikmati maksudnya!.
Bener-bener cemilan enak buat sore-sore sambil ngeteh, kalo bunda sih buat kalo bangun malam pas laper abis nenenin azka!:).

tumis toge ala bundazka

Sayur toge ini kesukaannya Abiazka. Wah kalo dah dibikinin ini, bisa kali sepiring langung diabisin *hiks, sampe2 bundazka cuma manyun doang ngeliatin jatah bunda dah disamber abi, hehe*. Niatnya abi kali mo nyenengin bunda, makannya yang banyak, tapi inget bunda dong bi ahhh....:).

Bikinnya juga gwampang banget, cuma 5 menit mateng. Sek osrek osrek, jadi dehhh.....mau nyobain..?

Bahan:
  • tauge
  • tahu *terserah mo ditambah tahu apa ga*.
  • bawang putih 1 siung yang gede*kalo kecil 2 bole lah...cincai lah*:).
  • bawang merah 4 biji
  • cabe merah 2 biji, diiris 2 cm.
  • tomat 1/2 buah, diiris.
  • garam secukupnya*pake feeling bo!*.
  • gula secukupnya.

Cara membuat:
  • bumbu ditumis sampai harum.
  • Masukin tauge, garam, gula, tambahin air dikit.
  • Ga usah lama-lama masaknya.

Kalo mo ditambah tahu:
bumbu sama, sisa tambahin lagi bwg putih, lengkuas, dan salam.
tahu digoreng dulu bentar ajah.
Jadi dehhhh......mudah bukan.......?:).

perkedel kentang


Perkedel kentang ini ampir sering deh bundazka bikin buat temen makan sop ayam ato ga soto ayam. Kenapa bunda seneng banget bikin ini, selain mudah, juga bisa jadi santapan seluruh keluarga. Jadi, sekali masak yaa abi, bunda dan azka bisa makan semua. Azka doyan banget nih makan perkedel, makannya bisa lahap. BUndazka sukanya bikinnya kecil-kecil biar azka bisa megang sendiri perkedelnya, tapi ada komentar dari abiazka "bunda, besok lagi kalo bikin perkedel yang gwedeeee yaaa..biar marem makannya.."hihiii, dasar abi...Nih resepnya..

Bahan:
  • kentang, dikupas, di potong kecil-kecil, goreng, dihaluskan selagi masih panas.
  • 1 butir telor, dipisah kuning ama putihnya.
  • 2 sdm bawang goreng, dihaluskan.
  • 1 sdm bawang putih goreng, dihaluskan.
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 batang seledri, diiris halus.
  • 1 sdt garam
  • 1/3 sdt gula
  • Minyak untuk menggoreng

cara membuat:
  • Campur semua bahan kecuali putih telur dan minyak goreng.
  • Bentuk bulatan lalu dipipihkan* mo dicetak bentuk lain juga bolehh...*
  • balurkan pada putih telur lalu goreng hingga kekuningan.
  • siap disantap deh.....:).

brownies coklat kang jamie


Sekalinya bunda niatan bikin brownies, ga salah pilih, bunda dapetin resep brownies yang wenak tenan dari blognya ami.
Ternyata ini resep browniesnya kang Jamie Oliver yang sangat terkenal di restorannya si kang Jamie "fifteen". So, tanpa ragu-ragu, dan juga hasil YM-an ama ami*thx yaa,sis!*, bunda manteb deh bikin si brownies ini....walhasil, beneran enak deh, pren!. Bener-bener rasanya manteb, jadi permukaan atasnya keras, tapi dalamnya basah dan lembut banget, coklatnya lumer deh di mulut....Sampe-sampe, saking doyannya, bundazka seminggu bikin dua kaliii...hehhee. Senengnya lagi, dapet yayang dari abiazka karena ga nyangka istrinya bisa bikin brownies seenak ini...:). Cobain deh nih resepnya..

Makes 8-10
Source: Cook with Jamie

Ingredients:
250 gr unsalted butter
100 gr Best Quality Dark chocolate (70% Cocoa solids) broken up
Optional: 150 gr dried sour cherries
optional: 150 g chopped nuts

80 g Cocoa Powder sifted
65 g Plain flour, sifted
1 tsp baking powder
350 Caster Sugar

4 Large free- range or Organic eggs

Optional for Serving:
Zest of 1 orange
250 ml Creme Fraiche

Directions:

Preheat your oven to 180C/350F. Line a 30cm/12 inch rectangular baking tin with greaseproof paper.
In a large bowl over simmering water, melt the butter and the chocolate and mox until smooth. Add the cherries and nuts if you're using them, and stir together.
In a separate bowl, mix together the cocoa powder, flour, baking powder and sugar, then add this to the chocolate, cherry, adn nut mixture. Stir together well.
Beat the eggs and mix in until you have a silky consistency.

Pour your brownie mix into the baking tray, and place in the oven for around 25 minutes. You dont want to overcook them so, unlike cakes, you dont want a skewer to come out clean. The brownies should be slightly springy on the outside but still goey in the middle. Allow to cool in the tray, then carefully transfer to large chopping board and cut into chunky squares. These make a fantastic dessert served with dollop or creme fraiche mixed with orange zest.

Wednesday, April 25, 2007

siomay



Waaaaahh siomay......hehehe. Menu pertama dapur bundazka adalah siomay bandung. Berawal dari masak bareng di rumah temen (jeng eva), ternyata bundazka jadi ketagihan bikin siomay...Beneran deh, bikinnya gampang pisan...ga nyangka juga bisa bikin sendiri, n ternyata ga ribet. Nahh...buat ibu2 yang pada pengen makan siomay, tapi bikin sendiri n mudah, nih resepnya..cobain yukk..Dijamin seluruh keluarga pada doyan, buktinya abiazka dan azka pada minta tambah semua.....:)

Bahan dasar:
250 gram daging ayam cincang
250 gram udang cincang
100 gram tepung kanji
2 siung bawang putih haluskan
1 sdm minyak wijen

1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 butir telor kocok sebentar

*ayam dan udangnya di blender lagi ajah biar halus. Kemudian aduk semua bahan jadi satu.

Bahan untuk kulit:
10 lembar kulit lumpia
6 buah tahu
5 buah kentang ukuran sedang

5 buah pare *kalo punya n doyan*
5 lembar kol tipiskan tulang daunnya

Sambel kacangnya:
100 gram kacang tanah, digoreng

2 biji kemiri digoreng
2 siung bawang putih di goreng
2 buah cabai merah kukus
1 sdm cuka
1.2 sdm garam
2 sdm gula pasir

100cc air matang


Cara membuat:
Siomay
Isi kulit pangsit dengan adonan bahan dasar. Bentuk seperti mangkuk,mekarkan tepinya.Kukus sampai matang.
Tahu & kentang
Belah dua, keruk salah satu sisinya, isi dengan adonan bahan dasar. Kukus sampai matang.
Pare
Potong 3 atau 4, keruk bagian biji, isi dengan adonan bahan dasar.Kukus sampai matang.
Kol isi

Celup lembar daun kol dalam air mendidih agar layu. Isi dengan bahan adonan dasar, lipat dan gulung.Kukus sampai matang.
Sambal kacang
Haluskan semua bahan, aduk rata dengan 1.000 cc air.

Alternatip mudah untuk bikin sambel kacangnya: kacang yang telah di blender, sisa ditambahin sambel abc ama kecap udah deh jadi....:).
Terus, jangan buang sisa kerukan tahu-nya, bisa di bikin perkedel tahu.
Porsi tersebut untuk 5- 6 orang.
ngapain beli kalo bikin ternyata mudah.....?



selamet dateng ...

Selamat datang di dapurnya bundazka yaaaa...
ini kumpulan hasil masakan-masakannya bundazka dari hasil nyobain resep2 dapurnya tetangga, liat di milis, nyari-nyari di om gugel, modal buku primbon resepnya utiazka...hehehe...

Pokoknya semua resep yang ada di dapurnya bundazka dijamin gampang bikinnya, cepet, dan jelas enak dong....hehee..*kalo ga enak, kesalahan pada yang memasak...hihihihii...*.

Jadi buat ibu-ibu bloggers yang sibuk kerja di kantor tapi tetep kudu masakin buat anak dan suami, dan juga buat ibu-ibu yang merangkap jadi upik abu di rumahnya masing-masing yang ga punya banyak waktu hanya utk di dapur...., serta buat para kaum hawa yang blas belum pernah nyentuh wajan* aihh, panas atuh kalo nyentuh wajan*...ga salah deh kalo pengen nyobain resep dapurnya bundazka....

makasih banget juga buat mama ryu yg udah bikinin rumah buat blognya bundazka ini..:).