Saturday, May 26, 2007

bitterballen roti tawar

Cemilan ini enak banget dan juga bergizi. Bikinnya juga mudah banget. Rasanya gurih ama manis dikit. Nyam......cobain dehh...

Sumber: dapurbunda
Bahan :
10 lb roti tawar
300 cc susu cair
150 gr daging cincang (kalau tak ada daging sapi, daging ayam boleh juga)
1/2 siung bawang bombay , cincang halus
3 siung bawang putih cincang halus
3 sdm margarin
garam secukupnya
merica secukupnya
pala secukupnya
gula pasir sedikit
tepung panir
telur, kocok lepas
minyak goreng

Cara membuat:
1. Rendam roti tawar dalam susu cair (hingga hancur).
2. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay dan bawang putih., Tumis
sampai harum.
3. Masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna, tambahkan garam,
merica, pala dan sedikit gula pasir.
4. Masukkan adonan roti yang sudah direndam tadi. Masak lagi sampai betul2
matang .
5. Pulungi adonan, bentuk bulatan.
masukkan dalam kocokan telur, gulirkan di tepung panir, terus goreng
sampai kekuning2an.

cumi asam manis

Pertama kali nih bundazka masak cumi. Soalnya abiazka ga doyan cumi *dulunya*, makanya ga pernah dimasakin. Tapi kemudian, bundazka kepengen banget ah beli cumi walo cuma sebiji yang ukuran gede, maka pilihan bunda adalah cumi asam manis ini. Resepnya bunda nyontek dari dapurnya tie .
*hehhe, langganan nih tie......*.
Hasilnya, abiazka doyan banget, n bilang gini.."hmm, kayaknya abi mule suka ama cumi deh..." hehhehe.

Bahan:
400 gr cumi
1 buah bawang bombay iris kasar
4 buah cabe hijau buang biji potong kotak
4 buah cabe merah buang biji potong kotak
1 buah serai
2 cm lengkuas
5 sdm saus tomat
1 sdm tepung maizena larutkan dng sedikit air
garam dan gula dan merica secukupnya
Bumbu halus
4 buah cabe merah
2 buah bawang putih
3 buah bawang merah kecil

Caranya :
Cuci cumi sampe bersih buang semua hitam dikulitnya.
Potong2 sesuai selera dan rendam dengan air jeruk dan garam -/+ 15 menit dan cuci lagi.
Tumis bawang bombay dan bumbu halus,serai,lengkuas.
Masukkan cumi + saus tomat setelah cumi matang masukan cabe merah dan cabe hijau biarkan sedikit layu Masukan larutan maizena.
Jangan lupa memberi garam dan gula dan merica.
Setelah kuah mengental angkat dan siap dihidangkan.

Wednesday, May 23, 2007

Risoles kentang

Horayyyyyyy...akhirnya bunda bisa bikin risoles sendiri..seneng dehhh....berbekal resep dari tie
dan langsung ceting via ym, jadi deh tuh risoles walo menurut bunda agak ribet bikinnya karena bunda tuh kesusahan ngadon adonannya supaya kalis, hiks.....yang ada pada nempel ditangan deh..:(.

Itu juga gara-gara bunda kentangnya direbus, yang kudunya di kukus ato ga digoreng dulu, karena ga mo lama nunggu dikukus, eh malah jadi lama pas bikin adonannya:(.

Tapi alhmdlh, dengan penuh kesabaran, jadi juga deh risoles....panas-panas, langsung bunda n azka santap. Senengnya, azka doyan!

Mau bikin jugaa...?
Bahan :

350 gr kentang
susu cair secukupnya
100 gr terigu
2 sdm mentega
Garam dan merica secukupnya

isi:
250 gr ayam cingcang
1 buah wortel, iris kecil
5 siung bawang merah,
2 siung bawang putih,
garam dan merica secukupnya
1 sdm maizena(larutkan)
tepung panir/breadcrumbs secukupnya
putih telur secukupnya, kocok

Cara Membuat :

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi.
Masukan ayam, wortel, garam, merica bubuk, aduk rata dan masak hingga matang.
Tambah larutan maizena sampe kental, aduk rata, angkat dan sisihkan.
Campur kentang yg sudah dikukus dan dihaluskan, susu cair,terigu, mentega, merica dan garam hingga kalis(adonan tidak melekat ditangan).
Ambil kentang beri isi lalu bentuk lonjong(oval).
Celupkan dalam kocokan putih telur , angkat dan gulingkan pada tepung panir.
Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.
Sajikan hangat-hangat.

Tongseng Daging Chicago


INi resep dari mbah Amien nya azka. Dulu pas awal-awal nikah, bundazka malah sempet diajarin masak tongseng ini ama mbah amiennya azka...hehhe, kebayang kan, malu banget, saat itu bundazka yang bener2 ga ngerti apa2 tentang masak. JAdi bundazka cuma ngeliat mbah amien berlaga dengan wajan dan bumbu2 bikin nih tongseng:).

Tongseng ini dinamain mbah Amien "tongseng Chicago" karena dulu pas mbah Amien kuliah di sana, ini masakan favorit mbah amien, dan ternyata karena harus mandiri, mbah amien jadi jago masak....*nah loh, masak bunda malah ga bisa...?* hehehhe....

Rasanya juga seger banget, apalagi kalo makannya sambil nyeprus cabe rawit ijo,,...hmmm...segerrrrrr!

BIkin yukkk...
Bahan:
Daging
Ati
Kubis
Tomat

Bumbu:
Bawang merah
bawang putih
merica
garam secukupnya
gula secukupnya
kecap

Cara membuat:
1. tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan garam, merica, dan gula.
2. Masukkan daging, tambahkan air. Masak hingga empuk.
3. Mendekati empuk, masukkan ati.
4.Setelah empuk, cemplungin kubis, aduk rata. Tambahkan kecap manis.
4. Angkat dan sajikan.

Sunday, May 20, 2007

Bubur Sumsum

Siang-siang, rasanya lemes banget. Kepengen makan yang manis-manis biar semangat. Langsung deh mantengin dapurnya mommy atli, nyari bagian cemilan gitu. Waahhh, liat poto bubur sumsumnya menggoda sekali, kebayang kan makannya, lembut dan manis...

Mana cara bikinnya ternyata gwampang banget, wiiihhh.....senengnya, ga ada 15 menit dah jadi tuh bubur sumsum. Abiazka ampe kaget, "lah kok cepet banget, bunda?".

Langsung deh kita santap berdua, pas azka bobo waktu itu. Komentar abiazka, "lezaaaaaaaaaaaaaat.....!".
"Makasih yaaa bunda sayaaaaaaaaang.....", ditambahin ama cipika dari abiazka....waaah, langsung pengen nyemplung kolam renang!hehehehe.....

Bikin yuuukkk.....
Bahan:
100 gr tepung beras
1 sdt garam
650 ml santan *aku pake 1 kotak santan kara 200 ml, terus aku encerin jadi 650 ml. Gara-gara punyanya cuma itu*.
2 lembar daun pandan, potong-potong.

Saus Gula:
200 gr gula merah, sisir .
50 gr gula pasir.
250 ml air.
1 lembar daun pandan, potong-potong.

Cara:
1. Campur tepung beras dengan sebagian santan, aduk rata.
2. Masak sisa santan, pandan, dan garam hingga mendidih.
3. Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Angkat.
4. Saus Gula: masukkan semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring.
5. Hidangkan bubur dengan disiram saus gula.
50 gr gula pasir.

sumber dari dapur mommy Atli http://resepnugraha.net/resep/detail/?no=107

Ayam Goreng

Ayam goreng ini makanan favorit seisi rumah. Ga ada yang ga doyan deh, termasuk si mas Azka. Malah terakhir bundazka bikinin ini, azka makan paha ayamnya udah bisa megang sendiri, Berasa nikmat banget deh ngeliat azka berusaha gigitin tuh daging ayam...Nyam..nyam......

Bahan:
1 ekor ayam, potong-potong sesuai selera.

Bumbu:
1 sdt ketumbar bubuk.
2 biji bawang merah.
5 biji bawang putih.
2 ruas jari kunyit.
Lengkuas, digeprek.
2 lembar daun jeruk.
1 lembar daun salam.
2 ruas jari jahe.
Serai.

cara:
1.Rebus air, setelah mendidih masukkan ayam dan bumbu.
2.Semua bumbu dihaluskan, kecuali lengkuas, daun jeruk, salam dan serai.
3.Masak sampai air sat. Aduk rata.
4. Goreng ayam dengan minyak panas hingga kekuningan.
5. Sisa ayam yang belum mau digoreng bisa disimpan di kulkas.

capcay

Lagi males masak, buka kulkas yang ada sisa sayuran dan masih ada udang dikit. Ya udah, bikin capcay aja yang gampang banget, sisa cemplang cemplung, hehehe. Tapi rasanya......?hmmm, bikin nambah. Terbukti, azka aja doyan banget makan capcay buatan bundazka ini...:).

Bahan:
Sayuran: kol, wortel, brokoli, sawi ijo
lauk: udang, sosis, ati, bakso *yang ada aja*

Bumbu (dihaluskan bisa, diiris bisa):
2 siung bawang putih
1/2 biji bawang bombay
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm saus tiram

Cara:
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Masukkan bumbu yang lain.
Masukkan ati, tunggu sampai 1/2 masak, kmd udang, sosis, bakso.
Cemplungin sayur-sayurannya.
Tambahkan air sedikit.
Aduk rata.
Makannnnnnnnnnnnnnnnnnnnn!:)

Nasi Goreng Utiazka


Kangen banget ama nasi goreng utiazka yang khas banget rasanya. Berbekal buku resep hasil nanya ke utiazka jadi deh bundazka bikin nasgor buat sarapan pagi. Hasilnya...? Langsung ludes disantap berdua ama abiazka.

Bahan:
3 piring nasi dingin
2 telur

Bumbu dihaluskan:
5 biji cabe merah
5 biji bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
1/2 ruas jari kencur
1 cm terasi
1 biji tomat

Cara:
1. Dadar telur dulu, diiris tipis-tipis.
2. Tumis bumbu dengan mentega
3. Masukkan nasi, aduk rata.
4.Siap saji lebih nikmat dengan emping dan timun.

Jemput-Jemput Singapore

Baca namanya unik banget yaaa? Makanya bundazka penasaran pengen bikin kek apaan sih rasanya nih cemilan. Kata tie si pemilik resep ini, jemput-jemput singapore ini makanan khas singapore untuk menyambut tamu. Sesuai dengan artinya "jemput" dalam bahasa melayu artinya "silahkan".

Silahkan diintip resepnya....

Bahan :
4 sdm teri
3 lembar roti tawar
2 butir telur
150 gr tepung self raising
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 helai daun bawang potong tipis
garam dan merica secukupnya
air secukupnya

Caranya :
blender semua bahan (kecuali bawang daun) hingga halus jangan terlalu encer.
masukkan daun bawang dan bulat2 mengunakan 2 buah sendok.
goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.
angkat dan siap dihidangkan.
dimakan panas-panas dengan sambal botolan.

Friday, May 18, 2007

Udang Goreng kampung

Hehehe, dinamain udang goreng kampung karena bumbunya sederhana banget. Ga pake tepung-tepungan. Tapi rasanya enak juga, apalagi kalo mo dikasiin buat azka..azka doyan banget ngegadoin nih udang.

bahan:
10 ekor udang besar
1 jeruk nipis

bumbu dihaluskan:
2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam sedikit saja

Cara membuat:
Bersihkan udang, lumurin dengan jeruk nipis, diamkan kurleb 30 menit. Cuci bersih.
Campurkan udang dengan bumbu yang dihaluskan. Diamkan kurleb 1 jam biar meresap*kalo dah keburu laper ga usah lama2 juga gapapa* hehhehe.
Goreng dengan minyak panas hingga kekuningan.
santap!

Monday, May 7, 2007

Chicken rice


Pagi -pagi emang paling cucok nihh kalo sarapan pake chicken rice. Bikinnya juga gampang dan cepet banget.
Bumbunya cukup bawang putih ama jahe yang banyak...
mo nyobainn...?

Bahan:
Sahap ayam 4 ekor (terserah, paha bisa, dada bisa, tergantung adanya apa...)
beras utk 3 porsi
air 1,5 ltr

Bumbu:
bawang putih 5 siung
jahe 1 ruas jari *lebih byk tmbh enak*
garam
gula secukupnya

cara memasak:
didihkan air, masukkan ayam dan bumbu sampai ayam empuk.
Masak nasi menggunakan sisa air rebusan ayam.
Tambahkan daun pandan agar nasi harum.
Ayam yang sudah diungkap, digoreng sebentar dgn minyak goreng.
sajikan hangat, Kalo mau pake kuahnya, bumbunya sama bawang putih, kaldu ayam, dan jahe, sisa ditambahkan daun bawang.

perkedel tempe


Hehhee...tempe lagi..tempe lagiii..ya gitu deh nasib kalo males mo belanja..Biar seisi rumah ga bosen liat wujud si tempe, bundazka sulap deh si tempe jadi perkedel :).

Walhasil, abi dan azka makannya pada lahap pake perkedel tempe ini...

Bahan:
  • Tempe, di potong kecil-kecil, goreng, dihaluskan selagi masih panas.
  • 1 butir telor, dipisah kuning ama putihnya.
  • 2 sdm bawang goreng, dihaluskan.
  • 1 sdm bawang putih goreng, dihaluskan.
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 batang seledri, diiris halus.
  • 1 sdt garam
  • 1/3 sdt gula
  • Minyak untuk menggoreng
cara membuat:
  • Campur semua bahan kecuali putih telur dan minyak goreng.
  • Bentuk bulatan lalu dipipihkan
  • balurkan pada putih telur lalu goreng hingga kekuningan.
  • siap disantap deh.....:).

Saturday, May 5, 2007

OsengTempe


Hari ini ngubek-ngubekin kulkas nemunya sisa tempe ini. Mo belanja masih males, ya udah akhirnya bundazka bikin oseng tempe aja. Enak deh makannya pake nasi panas, nyam nyam nyam....

Bahan:
Tempe 8 biji (kecil)

Bumbu:
bawang merah 3 biji
bawang putih 3 siung
cabe rawit 3 biji
cabe hijo 3 biji
Gula merah 1 sdm
gula putih
garam
asam jawa dicairin dgn air (buang ampasnya)

Cara membuat:
bawang merah, bawang putih, cabe merah n rawit di rajang.
Goreng tempe, sampai kuning.
Tumis bumbu sampai harum, masukkan gula merah, air asam jawa, garam.
Masukkan tempe, aduk rata. Tambahkan kecap manis sedikit.
angkat dan sajikan.

Thursday, May 3, 2007

Paha panggang ketumbar dan madu

Hmmm.......kalo masak ayam panggang ini, asli niat bener...gimana enggak, semalem, padahal kan bunda udah dinner, tapi kira-kira jam 9an malem gitu perut dah laper lagiiii....*hmm, mgkn karena keseringan nge BW ke dapur-dapur tetangga yang masakan-masakannya pada aduhai-aduhai kali yaaa*, jadi perut nih bunyi mulu.

Ya udah deh, nengok kulkas, yang ada cuma ayam...Yo wes, berbekal hasil huntingan ke dapurnya mb lia
bunda kerjain deh tuh si ayam dilumur-lumurin ama ketumbar n madu..dibiarin kira2 sejaman lebih sambil nunggu abiazka pulang diskusi ama tmn2nya.

Untung deh bunda masak, pulang-pulang abiazka kelaperan....langsung nagih dibikinin mie instan, tapi bunda tawarin ama si ayam panggang ini, wajahnya abiazka langsung berbinar-binar, ceilehhh.......
"mauuuuuuu..." gitu jawabnya.
Widiiiw, alhmdlh, senengnya bisa masakin buat swamiii...:)
Langsung deh disantap tuh paha panggang 3 biji lewat, bunda juga sama, 3 biji abis!:)
Nyam nyam nyam.....

mo nengok resepnya? nih dijamin mudahhh..
Bahan:
500 gr sayap ayam, bersihkan & buang ujungnya yang kecil (kalo aku pake paha ayam)
Perendam, aduk jadi satu:
1.5 sdt ketumbar bubuk
1 sdm air jeruk
2 siung bawang putih parut
2 sdm madu
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm saus cabe
2 sdm kecap asin
3 sdm minyak sayur
Air jeruk limau secukupnya

Cara:
Aduk sayap ayam bersama bumbu perendam, biarkan di kulkas minimal 2 jam sambil sesekali diaduk biar bumbunya rata. Kalo mo nginep smaleman juga bole.(kalo aku cuma sejaman doang,,hiihii..maklum dah laper)
Susun bersama bumbu perendamnya di pinggan tahan panas ato pan teflon juga bole, oven 45 menit ato sampe mateng sambil sesekali dibalik untuk meratakan bumbu dan warnanya.
Perciki air jeruk limau, sajikan segera.
Note:
Kalo pengen minyaknya tiris, taro rak kawat kecil dalam pinggan/loyang, susun sayap diatas rak kawat, baru dioven

chocolate chip cookies

Udah lama banget kepengen bikin nih kukis, tapi belum kesampean terus. Nah akhirnya tadi pagi, bangun tidur, mumpung abiazka masih di rumah belum ngampus, akhirnya bun niatan bikin cocochip kukis ini.

Bun cuma pgn nyoba dulu, jadi pake 1/2 resep aja, ga susah ternyata bikinnya. Maen cemplung cemplungin aja, aduk-aduk, udah deh di oven cuma 10 menit.

Resepnya bun dapet dari blognya kuehruri.
Sebenarnya pengennya nyobain resepnya mb imel,
tapi apadaya, resep hasil cetingan di YM lupa ke save, keburu leptopnya kepencet off ama si azka,hehehe.... ntar deh nanya lagi yaa mb imel *jgn bosen kasi resepnya*.:)

Abiazka kasi komentar, "busyet dah bunda, pagi2 semangat amat sih bikin kue....?".

Ternyata, alhamdulillah jadi, tapi dengan bentuk yg alakadarnya, tapi rasanya ga mengecewakan. Azka langsung deh jadi testernya bunda...."kukuk...kukuk.." gitu azka bilangnya, soalnya dikirain kerupuk karena pas ngegigit nih kukis bunyinya juga kriuk kriuk kayak krupuk.:)

Nih dia resepnya:
Bahan :
1/4 cup Mentega
1/2 cup Brown Sugar
1/2 cup Gula Castor
1 btr Telur
1/2 sdt Vanilla Extract
1 cup + 2 sdm Tepung Terigu
1/2 sdt Garam (kalo pake Mentega yang salted, gak usah lagi)
1/2 sdt Soda Kue
1/2 cup Aneka Kacang, sangrai ato panggang sebentar, cincang kasar
1/2 cup Chocolate chips
1/2 cup Kismis

Caranya :

* Nyalakan oven 180°C
* Kocok mentega sampai lembut, masukkan brown sugar dan gula castor, kocok sampai rata
* Masukkan telur dan vanilla extract, kocok rata
* Masukkan ayakan terigu, garam dan soda kue, aduk perlahan dengan spatula sampai rata
* Masukkan aneka kacang, chocolate chips dan kismis, aduk rata
* Dengan bantuan 2 sendok, bentuk bulatan-bulatan adonan di atas loyang yang sudah dioles mentega atau dialasi kertas minyak, beri jarak antara adonan.
* Panggang selama 10 menit

Wednesday, May 2, 2007

Ikan tenggiri saus Jahe

Wah kalo makan ikan pake sos jahe ini, dijamin nambah deh nasinya...hehe...Lebih mantep lagi kalo ikannya ikan gurameh..Tapi pada dasarnya semua ikan enak kok dibumbuin kek gini.

Bahan:
500 gr ikan tenggiri
3siung bawang putih, haluskan.
1/2 sdt garam
1 sdt kecap ikan.
2 sdm air jeruk nipis.
4 sdm maizena.

Saus Jahe:
3 siung bawang putih, iris halus.
1/2 buah bawang bombay, potong bulet.
2 buah cabe merah, iris serong tipis.
1 btg daun bawang, iris 1 cm.
2 cm jahe, iris halus.
5 sdm saos tomat.
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air 2 sdm.
Garam.
Merica.
Gula.
2 sdm cuka (kalo punya).

Cara membuat:
1. IKan dilumurin dengan bawang putih, garam, kecap ikan, jeruk nipis. Biarkan kurleb 1 jam.
2. tiriskan, dan gulingkan pada tepung maizena, goreng dengan minyak banyak panas hingga kering.
3. Taro di piring saji.

Saos:
1. tumis bawang putih sampai harum.
2. masukkan sisa bahan yang lain, lalu aduk sampai matang.
3. Masukkan larutan maizena, aduk sebentar lalu angkat.
4. Tuangkan ke atas ikan goreng pas saat akan dihidangkan.

Tuesday, May 1, 2007

pukis


Bangun pagi hari ini, rasanya laper. Nanya ama abi, "abi, abi mau dibuatin apa..?"
"Coklat cookies mauuuuuu? ",tawar bunda..
"apaan..? pukissss...? mauuuuu....", jawab abi yang salah denger.
"ohh...abi mau pukis.....? boleh, bunda buatin sekarag yaaa biiii.....", sigap bunda.

Cieee..bukannya mo gaya, untungnya sebelumnya bunda emang dah pernah kuking klas bikin pukis ini. Makanya karena tau bikin pukis ini mudah, bunda sanggupin deh tuh rikues dari abiazka.

Berkutat di dapur bentar, azka maenan ama abiazka, ga lama kemudian jadi dehhh....
Langsung deh kita bertiga nyantap bareng si pukis ini...nyam..nyam.....enyak...enyak.....hihi,walopun bunda ga punya cetakan pukisnya, tapi cetakan muffin juga ga mengurangi rasa enak kue pukis ini....
Pukis...pukis...hmm, serasa di jogja dehhh...

Cobain dehhh..ini resepnya bundazka nyomot dari blognya mba ellen.
Makasiihh yaa mba ellen atas sharing resepnya :).


Bahan :
Untuk biang :
3 sdm tepung terigu
1 sdt ragi instan
1/2 sdt baking powder
2 sdm gula pair
5 sdm air

Adonan :
2 butir telur
50 gram gula pasir
125 gram tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
75 ml santan kental matang
75 ml air kelapa
30 gram margarin,lelehkan

Isian :
keju, coklat meises,kismis,sesuai selera

Cara Membuat :
1. Biang : campur semua bahan,aduk rata,istirahatkan selama 15 menit
2. Kocok telur bersama gula hingga mengembang, masukkan tepung terigu,garam,baking powder dan vanili bubuk.Aduk rata
3. Masukkan biang,santan, susu bubuk dan air kelapa,aduk rata.Tambahkan margarin cair,aduk rata dan diamkan selama 30 menit
4. Panaskan cetakan pukis,olesi dengan minyak, tuangkan adonan ke dalam 3/4 cetakan, taruh topping di atasnya.Panggang dengan api sedang hingga matang. Sajikan.