Monday, April 30, 2007

Sus isi vla


Hihiiiiii...sumpeee....nih bundazka seneng banget deh akhirnya bisa bikin kue sus ini. Karena dari kecil mpe sekarang, kue sus ini demenannya bunda banget. Dulu utiazka suka banget bikinin buat bunda, mana utiazka kalo bikin vlanya banyak. Nah kemaren sore, niatnya mo bobo siang nemenin azka, tapi perut laper bgt pgn makan cemilan sambil buat ngeteh sore-sore, ya udah dehh..pas jalan-jalan ke dapurbunda inong (almh) nemu deh si sus ini, Baca resepnya, baru nyadar kalo trnyata bikinnya gampang banget!.

Langsung deh semangat pengen nyoba. BUnda nyobain 1/2 resep dulu. Alhamdulillah, berhasil.Walo bentuknya sihh masih kurang ok, kurang mengembang:).

Pulang-pulang kuliah, abiazka langsung disajiin teh anget ama ini sus..."Woooowwww....", gitu senyum senang abiazka ngeliat sus ini. Sekejap abis deh 4 sus langsung di lahap abiazka.

Takut keabisan, bunda juga ga kalah lahap makanin nih sus...hihiii..kalo azka, sukanya nyowelin vla-nya....*tapi azka ga gitu doyan, mungkin kemanisan bagi dia...maklum, jarang bunda kasi yg manis-manis:)*...

Cobain dehh,...beneran gampang dan rasanya enak jugaaa...

Bahan sus:
130 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gram margarine
4 butir telur
250 cc air

Bahan Vla:
500 ml susu segar (kalo bundazka pake susu formulanya azka...hehe, adanya itu).
75 gr tepung maizena
100 gr gula pasir
2 btr kuning telur
vanili secukupnya.

Cara membuat:
Sus:
air, garam, margarine dimasak sampai mendidih.
masukkan tepung terigu, aduk sampai matang.
Setelah adonan matang, kemudian dinginkan sampai hilang uap panasnya.
Kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus diaduk sampai rata.
Adonan di masukin ke dalam piping bag(plastik segitiga) lalu cetak dengan spuit bintang (kalo ga punya jg gapapa cetak aja arahnya melingkar kerucut ke atas).
Oven adonan selama 25 menit, dengan suhu 200 C, ingat oven jangan dibuka-buka yaaa....!
Setelah matang, kulit sus siap diisi dengan vla.

Vla:
semua bahan kecuali kuning telur dicampurkan menjadi 1 dan diaduk sampai rata dan halus.
Didihkan sampai setengah mengental.
Ambil 2 sdm adonan yang hampir kental itu, masukkan ke dalam kuning telur, aduk cepat.
Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan vla. aduk cepat sampai meletup-letup.
Angkat dan dinginkan.
Vla siap digunakan.
BIla vla ingin ditambahkan butter cream, tambahkan cream 2 kali dari jumlah adonan vla. Aduk sampai rata.

Saturday, April 28, 2007

Semur Ayam


Semur ayam ini bikinnya super gampang... Sisa blender bumbu, di tumis, udah deh dicemplungin ama ayamnya, tunggu ampe asat airnya.
Bisa juga diganti ama daging, ato ga telur puyuh. Masak semur ini sekeluarga bisa makan semua, azka doyan banget niihhh ama semur ayam bikinan bundazka..:).

Bahan:
1/4 kg ayam/daging/telur puyuh
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
mentega untuk menumis
kecap manis
2 gelas air

Bumbu halus:
2 siung besar bawang putih
5 siung bawang merah
1/4 biji pala
4 biji kemiri

Cara membuat:
Tumis semua bumbu halus dengan mentega sampai harum.
Masukkan ayam dan air.
Tuangkan kecap manis sesuai selera.
Masak hingga ayam empuk.
Siap disantap, lebih nikmat dengan taburan bawang goreng.

Friday, April 27, 2007

puding tahu


Hmmm....puding tahu ini kayaknya andalannya bundazka deh. Soalnya sering banget bikin puding ini, soalnya abiazka, azka dan bunda juga doyan banget. Dinamain puding tahu bukan berarti puding "tahu" beneran loh yaa. Cuma karena warnanya yang putih kek tahu, makanya namanya begitchu...

Seger banget, apalagi makannya pas siang-siang..widiiiiw...dijamin jadi adem dehhhh....
Mo nyoba? silahkan....

Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
1 kaleng susu kental manis (kecil)
1 kaleng buah koktail
1 kaleng buah leci/longan

Caranya:
1. Tuang ke dalam panci agar-agar, susu kental, dan air sebanyak 3X takaran kaleng susu kental manis *jadi abis nuangin si susu, tambahin aja air sebanyak 3 kali ukuran kaleng susu itu*.
2. Aduk aduk deh sampe mendidih.
3. Tuang ke cetakan, tunggu sampai agak keras, masukkan ke kulkas.
4. Tuang buah koktail dan leci diatas puding.
5. Santaaaaaaapppppp!:)

puding gula merah


Puding gula merah ini juga bisa buat alternatif puding di rumah. Bikinnya juga gampang banget. Makannya dingin-dingin, waaah enak nan!

Sumber: dari dapurnya ami
Bahan I:
250 gr gula merah
4 lembar daun pandan *bisa diganti ama vanili*
500 ml air

Bahan II:
800 ml air
2 bks (14gr) agar-agar putih bubuk

Bahan III:
1 pak (200ml) santan instant
1/2 st garam

Cara membuat:
1. Rebus bahan I hingga gula larut, saring.
2. Aduk rata bahan II, didihkan.
3. Tuang bahan I dan III ke bahan II, didihkan kembali.
4. Matikan api, biarkan 10 menit, baru tuang ke dalam cetakan (supaya terbentuk 2 lapis)
5. Dinginkan dalam lemari es.

Thursday, April 26, 2007

butter cake utiazka

Kue ini kue kedua yang bundazka bikin setelah kue pertama bikin muffin cheese yang keasinan itu!.Hehe, alhamdulillah, kegagalan itu emang sukses yang ketunda...kue kedua ini, kategorinya sukses lah...
Kue bolu ini*gitu sih kalo utiazka nyebutnya*, adalah cemilan paporit di rumah dulu jaman semua masih pada ngumpul. Sore=sore sambil nge-teh, utiazka pasti dah nyajiin nih kue.

Nah, karena inget kalo bikin kue ini gampang banget, langsung deh bundazka sms utiazka nanyain resepnya. Bermodalkan resep via sms, jadi deh kue kedua bundazka...Kue ini lembut banget, manisnya juga pas..enak dehhh pokoknya.....:).

Bahan:
1.telur 8 buah, taro di gelas *tandain tuh batesnya sampai mana, maklum ini kan resep praktisnya utiazka ga perlu timbangan segala!*.
2.Gula pasir, takarannya 3 cm dibawah takaran telur *ga usah bawa penggaris yee...kira2 ajah*
3.Vanili 1/4 sdt.
4.Tepung terigu, takarannya 2 cm diatas ukuran telor*hihii, lucu yaa resepnya utiazka*.
5. susu kental manis 2 sdm
6. mentega 250 gr, dicairkan dengan api kecil dan didinginkan.

Cara membuat:
  • telur+gula+vanili dimixer sampai putih mengembang.
  • masukkan terigu sedikit-sedikit, kemudian masukkan susu kental manis.
  • masukkan mentega cair.
  • Taruh adonan di loyang yang udah diolesin mentega ama taburan tepung terigu rata.
  • Oven dengan suhu 180C selama 40 menit.
  • Siap dipelototin...eh dinikmati maksudnya!.
Bener-bener cemilan enak buat sore-sore sambil ngeteh, kalo bunda sih buat kalo bangun malam pas laper abis nenenin azka!:).

tumis toge ala bundazka

Sayur toge ini kesukaannya Abiazka. Wah kalo dah dibikinin ini, bisa kali sepiring langung diabisin *hiks, sampe2 bundazka cuma manyun doang ngeliatin jatah bunda dah disamber abi, hehe*. Niatnya abi kali mo nyenengin bunda, makannya yang banyak, tapi inget bunda dong bi ahhh....:).

Bikinnya juga gwampang banget, cuma 5 menit mateng. Sek osrek osrek, jadi dehhh.....mau nyobain..?

Bahan:
  • tauge
  • tahu *terserah mo ditambah tahu apa ga*.
  • bawang putih 1 siung yang gede*kalo kecil 2 bole lah...cincai lah*:).
  • bawang merah 4 biji
  • cabe merah 2 biji, diiris 2 cm.
  • tomat 1/2 buah, diiris.
  • garam secukupnya*pake feeling bo!*.
  • gula secukupnya.

Cara membuat:
  • bumbu ditumis sampai harum.
  • Masukin tauge, garam, gula, tambahin air dikit.
  • Ga usah lama-lama masaknya.

Kalo mo ditambah tahu:
bumbu sama, sisa tambahin lagi bwg putih, lengkuas, dan salam.
tahu digoreng dulu bentar ajah.
Jadi dehhhh......mudah bukan.......?:).

perkedel kentang


Perkedel kentang ini ampir sering deh bundazka bikin buat temen makan sop ayam ato ga soto ayam. Kenapa bunda seneng banget bikin ini, selain mudah, juga bisa jadi santapan seluruh keluarga. Jadi, sekali masak yaa abi, bunda dan azka bisa makan semua. Azka doyan banget nih makan perkedel, makannya bisa lahap. BUndazka sukanya bikinnya kecil-kecil biar azka bisa megang sendiri perkedelnya, tapi ada komentar dari abiazka "bunda, besok lagi kalo bikin perkedel yang gwedeeee yaaa..biar marem makannya.."hihiii, dasar abi...Nih resepnya..

Bahan:
  • kentang, dikupas, di potong kecil-kecil, goreng, dihaluskan selagi masih panas.
  • 1 butir telor, dipisah kuning ama putihnya.
  • 2 sdm bawang goreng, dihaluskan.
  • 1 sdm bawang putih goreng, dihaluskan.
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 batang seledri, diiris halus.
  • 1 sdt garam
  • 1/3 sdt gula
  • Minyak untuk menggoreng

cara membuat:
  • Campur semua bahan kecuali putih telur dan minyak goreng.
  • Bentuk bulatan lalu dipipihkan* mo dicetak bentuk lain juga bolehh...*
  • balurkan pada putih telur lalu goreng hingga kekuningan.
  • siap disantap deh.....:).

brownies coklat kang jamie


Sekalinya bunda niatan bikin brownies, ga salah pilih, bunda dapetin resep brownies yang wenak tenan dari blognya ami.
Ternyata ini resep browniesnya kang Jamie Oliver yang sangat terkenal di restorannya si kang Jamie "fifteen". So, tanpa ragu-ragu, dan juga hasil YM-an ama ami*thx yaa,sis!*, bunda manteb deh bikin si brownies ini....walhasil, beneran enak deh, pren!. Bener-bener rasanya manteb, jadi permukaan atasnya keras, tapi dalamnya basah dan lembut banget, coklatnya lumer deh di mulut....Sampe-sampe, saking doyannya, bundazka seminggu bikin dua kaliii...hehhee. Senengnya lagi, dapet yayang dari abiazka karena ga nyangka istrinya bisa bikin brownies seenak ini...:). Cobain deh nih resepnya..

Makes 8-10
Source: Cook with Jamie

Ingredients:
250 gr unsalted butter
100 gr Best Quality Dark chocolate (70% Cocoa solids) broken up
Optional: 150 gr dried sour cherries
optional: 150 g chopped nuts

80 g Cocoa Powder sifted
65 g Plain flour, sifted
1 tsp baking powder
350 Caster Sugar

4 Large free- range or Organic eggs

Optional for Serving:
Zest of 1 orange
250 ml Creme Fraiche

Directions:

Preheat your oven to 180C/350F. Line a 30cm/12 inch rectangular baking tin with greaseproof paper.
In a large bowl over simmering water, melt the butter and the chocolate and mox until smooth. Add the cherries and nuts if you're using them, and stir together.
In a separate bowl, mix together the cocoa powder, flour, baking powder and sugar, then add this to the chocolate, cherry, adn nut mixture. Stir together well.
Beat the eggs and mix in until you have a silky consistency.

Pour your brownie mix into the baking tray, and place in the oven for around 25 minutes. You dont want to overcook them so, unlike cakes, you dont want a skewer to come out clean. The brownies should be slightly springy on the outside but still goey in the middle. Allow to cool in the tray, then carefully transfer to large chopping board and cut into chunky squares. These make a fantastic dessert served with dollop or creme fraiche mixed with orange zest.

Wednesday, April 25, 2007

siomay



Waaaaahh siomay......hehehe. Menu pertama dapur bundazka adalah siomay bandung. Berawal dari masak bareng di rumah temen (jeng eva), ternyata bundazka jadi ketagihan bikin siomay...Beneran deh, bikinnya gampang pisan...ga nyangka juga bisa bikin sendiri, n ternyata ga ribet. Nahh...buat ibu2 yang pada pengen makan siomay, tapi bikin sendiri n mudah, nih resepnya..cobain yukk..Dijamin seluruh keluarga pada doyan, buktinya abiazka dan azka pada minta tambah semua.....:)

Bahan dasar:
250 gram daging ayam cincang
250 gram udang cincang
100 gram tepung kanji
2 siung bawang putih haluskan
1 sdm minyak wijen

1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 butir telor kocok sebentar

*ayam dan udangnya di blender lagi ajah biar halus. Kemudian aduk semua bahan jadi satu.

Bahan untuk kulit:
10 lembar kulit lumpia
6 buah tahu
5 buah kentang ukuran sedang

5 buah pare *kalo punya n doyan*
5 lembar kol tipiskan tulang daunnya

Sambel kacangnya:
100 gram kacang tanah, digoreng

2 biji kemiri digoreng
2 siung bawang putih di goreng
2 buah cabai merah kukus
1 sdm cuka
1.2 sdm garam
2 sdm gula pasir

100cc air matang


Cara membuat:
Siomay
Isi kulit pangsit dengan adonan bahan dasar. Bentuk seperti mangkuk,mekarkan tepinya.Kukus sampai matang.
Tahu & kentang
Belah dua, keruk salah satu sisinya, isi dengan adonan bahan dasar. Kukus sampai matang.
Pare
Potong 3 atau 4, keruk bagian biji, isi dengan adonan bahan dasar.Kukus sampai matang.
Kol isi

Celup lembar daun kol dalam air mendidih agar layu. Isi dengan bahan adonan dasar, lipat dan gulung.Kukus sampai matang.
Sambal kacang
Haluskan semua bahan, aduk rata dengan 1.000 cc air.

Alternatip mudah untuk bikin sambel kacangnya: kacang yang telah di blender, sisa ditambahin sambel abc ama kecap udah deh jadi....:).
Terus, jangan buang sisa kerukan tahu-nya, bisa di bikin perkedel tahu.
Porsi tersebut untuk 5- 6 orang.
ngapain beli kalo bikin ternyata mudah.....?



selamet dateng ...

Selamat datang di dapurnya bundazka yaaaa...
ini kumpulan hasil masakan-masakannya bundazka dari hasil nyobain resep2 dapurnya tetangga, liat di milis, nyari-nyari di om gugel, modal buku primbon resepnya utiazka...hehehe...

Pokoknya semua resep yang ada di dapurnya bundazka dijamin gampang bikinnya, cepet, dan jelas enak dong....hehee..*kalo ga enak, kesalahan pada yang memasak...hihihihii...*.

Jadi buat ibu-ibu bloggers yang sibuk kerja di kantor tapi tetep kudu masakin buat anak dan suami, dan juga buat ibu-ibu yang merangkap jadi upik abu di rumahnya masing-masing yang ga punya banyak waktu hanya utk di dapur...., serta buat para kaum hawa yang blas belum pernah nyentuh wajan* aihh, panas atuh kalo nyentuh wajan*...ga salah deh kalo pengen nyobain resep dapurnya bundazka....

makasih banget juga buat mama ryu yg udah bikinin rumah buat blognya bundazka ini..:).